Selamat Tinggal Masa Lalu, Selamat Tinggal Kelas 11

15 Juni 2019, 02.05 WITA, di atas matras aku mengetik. Sambil memutar lagu yang baru saja kudownload, lagu You oleh Xiumin EXO mengiringiku yang sedang mencurahkan isi hatinya. 

Naik tingkat. Semua bakal naik tingkat. Yup, untuk mencapai ke ujung puncak memang banyak step yang perlu dilalui. Tinggal selangkah lagi perjalanan di SMA usai.

Bagiku, kelas 11 tak sekedar cerita. Namun, kelas 11 adalah sekumpulan kisah yang membuat kita tumbuh menjadi pribadi yang baik.


Terima kasih semua yang telah menjadi bagian ceritaku semasa kelas 11! Di kelas 11 MIPA 3, kelas MIPA yang kadang terasa seperti IPS. Entah mengapa orang mencap IPA sebagai kaum orang berkacamata dan introvert, namun tidak dengan kami.

Boleh kuakui kadang kesal menyertai hatiku, karena menganggap kelasku tidak kompak. Namun, sedang kucoba menghilangkan prasangka buruk itu. Tidak selalu kebahagiaan dalam kelas menurut orang itu sama. Kelasku berbeda. Kelasku bukan seru karena selalu hangout atau sekadar update di instagram. Aku merasakan kehangatan yang berbeda di kelas ini. 😊

Oh, iya! Terima kasih banyak wali kelasku. Beliau seorang guru bahasa bali di sekolahku. Setiap kenaikan kelas, kami akan mendapat wali yang baru. Kami tahu tidak akan bertemu ibu sebagai wali kami, tapi kami tetap menyayangi ibu. Kami mengerti bagaimana ibu menghadapi rapat pleno dengan beberapa di antara kami ataupun mendapat cibiran dari guru lain. Terima kasih untuk menjadi kuat dan sabar. 🙏

Hari ini aku bangga dengan diriku, orang tuaku, dan semua yang terlibat dalam masa belajarku. Memang, aku belum lulus. Tapi entah mengapa aku cemas dan senang akan segera beranjak pergi dari SMA. Kekhawatiranku tentang jenjang selanjutnya yang terutama. Namun, aku yakin Tuhan menyertai jalanku.

---Tentang Nilai 2 Semester Ini---

Aku rasa masih stabil. Ini yang kutakutkan, sepertinya aku harus menempuh jalur SBMPTN. Siapapun itu, bantu doakan aku ya. :)

Puji Tuhan, bukan ranking tujuan utamaku. Aku bukan orang yang suka merasa memiliki saingan. Fokusku bukan melihat siapa teman yang kuanggap bodoh atau kuanggap pintar tepat pada jalurnya, tapi kulihat bagaimana diriku sendiri. Terkadang, kita lebih baik membenahi diri sendiri kemudian membenahi hal yang lainnya.

---Bahagiaku---

Akhirnya libur. Apa benar karena aku berlemak aku suka tidur? Hihi~

Aku khawatir membuang kuota. Jadi, kucari chord gitar untuk berlatih. Tidak tahu apa yang akan kulakukan selama liburan ini. Tapi yang jelas, aku senang memiliki banyak waktu bersama keluargaku. Sungguh senang.

---

Tetap semangat belajar! Semangat menjalani semuanya!

02.29 WITA aku telah selesai mengetik ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen ORIGINAL : Persembahan untuk CINTA

Kenapa Kita Diperhadapkan Masalah?

Halo halo Ban... Bukan "Bandung!" HEHEHE... Bantu Aku, Ya!